Setelah kita mengerti definisi dari motor bakar kita akan membicarakan jenis dan prinsip kerja motor bakar.
Motor bakar ada 2 macam :
1. Motor pembakaran luar(External combustion chamber)
Motor pembakaran luar adalah suatu motor bakar dimana proses pembakaran atau perubahan energi panas dilakukan diluar dari mekanisme/konstruksi mesin, dan dari ruang pembakaran energi panas tersebut dialirkan ke konstruksi mesin melalui media penghubung.
Contoh aplikasinya adalah pada :
-mesin uap / turbin uap
-mesin nuklir / turbin nuklir
2. Motor pembakaran dalam (Internal combustion chamber)
Motor pembakaran dalam adalah suatu motor bakar dimana proses pembakaran atau perubahan energi panas dilakukan didalam konstruksi mesin itu sendiri, dan tempat terjadinya proses pembakaran itu disebut ruang bakar (combustion chamber).
Contoh aplikasinya adalah pada :
-motor bensin
-motor diesel

-mesin jet

Di atas itu adalah jenis-jenis motor bakar, Nah sekarang adalah prinsip kerja motor pembakaran dalam, jadi perinsip kerja motor pembakaran dalam,dalam melakukan siklusnya dibagi menjadi :
1. Prinsip kerja motor 2 tak
Dimana setiap satu kali putaran poros engkol atau 2 kali langkah atau gerakan naik turun piston menghasilkan satu kali langkah usaha.
2. Prinsip kerja motor 4 tak
Di mana setiap 2 kali putaran poros engkol atau 4 kali langkah atau gerakan naik turun piston menghasilkan satu kali langkah usaha.
Dan setelah kita mengetahui jenis motor bakar dan prinsip kerja motor pembakaran dalam, di artikel selanjutnya kita akan membahas langkah kerja motor bakar bensin/diesel 2 tak dan 4 tak.

1 komentar
  1. Unknown 21 September 2009 pukul 08.34  

    terimakasih atas infonya, sangat berguna untuk karya ilmiah saya. :)